Senin, 15 November 2010

Seorang teman yang nyata atau hanya seseorang yang lewat saja?

Ada yang bilang mencari seorang teman yang sejati / setia sangat sulit, ada yang bilang mendapatkan seorang teman sejati / setia membutuhkan perjuangan lebih, menurut saya mendapatkan seorang teman sejati sangatlah mudah, kita dapat mendapatkan seorang teman sejati dengan cara memberikan kepercayaan anda kepada teman yang kira - kira dapat menjadi seorang teman yang utuh, yang dapat mengimbangi anda dalam segala hal, ada saat anda susah dan senang, dapat memberikan sesuatu yang baru yang tidak ada dalam diri anda sehingga hidup anda mendapatkan sesuatu yang baru, 

Tapi justru inilah masalahnya kenapa ada orang yang susah untuk mendapatkan seorang teman yang benar - benar bisa dijadikan seorang teman, seorang individu yang terlalu tertutup atau seorang individu tersebut susah untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, tipe orang seperti inilah yang sulit untuk mendapatkan seorang teman, dan bila ia menjadi seorang teman, inilah yang namanya teman sekilas, karena ia hanya percaya pada dirinya sendiri dan hanya terpaku pada satu hal.

Dalam sebuah pertemanan membutuhkan suatu yang yang sangat kuat / erat dan itu adalah sebuah kepercayaan, seperti halnya sebuah rumah, rumah membutuhkan pondasi yang kuat untuk menopang segala beban yang ada, dalam hal ini kepercayaan tersebut adalah pondasi nya dan pertemanan adalah rumahnya, memang bisa dibilang bahwa mencari sesuatu yang seperti itu lumayan sulit. Akan tetapi bayangkan ada berapa jumlah seluruh manusia di dunia ini, atau perkirakan saja ada berapa orang yang hidup di kota anda, mustahil ini menjadi sesuatu yang sulit bukan? Memang bisa dibilang setiap individu mempunyai karakter masing - masing, akan tetapi MUSTAHIL tidak ada satu pun karakter yang cocok dengan karakter anda.

Apakah anda pernah berfikir apa yang ada di pikiran teman anda tentang diri anda? Apakah anda pernah berfikir apakah teman anda benar - benar menganggap anda seorang teman yang pantas untuk diri dia? ini juga merupakan sedikit PR buat saya, bagaimana cara mengetahui beberapa hal kecil tersebut karena sangatlah sulit untuk membaca karakter seorang, kadang ada orang yang terlihat meyakinkan akan tetapi menyesatkan, kadang ada orang yang terlihat sangat menyesatkan akan tetapi ternyata dia adalah seseorang yang sangat cokok dengan karakter kita.

Sangatlah banyak tipe teman dalam hidup ini jika ingin diartikan satu per satu misalnya :
1. Teman hidup, teman hidup adalah seorang teman yang menemani kita samapi akhir hayat kita, contohnya seorang istri.
2. Teman sejati, teman sejati adalah seorang teman yang benar - benar bisa diandalkan, dapat mengerti satu sama lain, bisa saling dipercaya, dan terlebih lagi teman yang tidak pernah menganggap pertemanan hanyalah sebuah kata, melainkan sebuah hubungan yang penting untuk dirinya sendiri maupun untuk kita sebagai temannya.
3. Teman bersyarat, maksudnya teman bersyarat disini adalah teman yang bisa diandalkan dan dapat setia jika ia mendapatkan semua hal yang dia mau dari temannya, contohnya seseorang yang mencari teman yang kaya, dia mungkin akan selalu setia dengan temannya itu tapi jika suatu hari dia bertemu teman yang lebih kaya, pasti dia akan meninggalkan temannya dan mulai mendekati teman yang lainnya. Inilah yang akan terjadi terus - menerus jika ia tidak merubah sikapnya, hasilnya bukan semakin banyak teman yang dia dapat melainkan menambah banyak aib dia di mata teman - teman yang telah dia tinggalkan.

sangatlah penting seorang teman dalam hidup kita, karena seorang teman juga dapat membangun karakter kita, semakin banyak karakter yang kita temui semakin banyak pengalaman kita dalam bersosialisasi antar manusia Dan juga teman secara tidak langsung menambah pengetahuan kita bayangkan bila satu orang individu mempunyai satu pengetahuan dan satu individu mempunyai satu pengalaman, pikirkan berapa banyak pengetahuan dan pengalaman yang anda dapat? Dan semua ini akan terjadi secara tidak langsung, seperti hal nya air yang mengalir dia hanya mencari dataran yang lebih rendah dan terus mengalir tanpa hambatan.


Mungkin sekarang ada yang bilang mencari teman sejati seperti mencari jarum di tumpukan jerami, dia kita pikirkan dengan sungguh - sungguh kata - kata diatas tidaklah salah, kebanyakan orang - orang sekarang hanya berjuang untuk hidup tidak hidup untuk berjuang, bukan uang untuk hidup tapi hidup untuk uang, setiap orang sekarang hanya memikirkan apa yang sekarang ada, mereka tidak memikirkan apa konsekuensi nya nanti, tapi dibalik semua itu pasti ada sebuah harapan agar setiap individu yang ada sekarang ini memikirkan apa yang harus mereka pikirkan, maka akan tercipta suatu interaksi sosial antar individu yang benar - benar nyata tidak hanya untuk bualan semata, interaksi yang benar - benar membuat setiap individu dapat merasakan apa itu maksud dari mahluk sosial.

Reaksi:

2 komentar:

  1. S_N_B speak lagi,,
    biar ramelah, ad yg komen d blog u.

    gw termasuk temen yang mana nea?
    yg nomor 3 kayanya ya????

    so frend, gw jd inget kata2 bijak dari oseorang sufi yang gw sadur dari sebuah buku... kata2 bijak ini dia tujukan untuk anaknya.
    "nak belajar lah kamu dari orang lain dengan pengalamanya, karena ia mendapatkan pengalaman atas hidupnya dari usaha dan kerja kerasnya sedangkan engkau mendapatkanya tanpa modal apapu"


    satu lagi:
    rasul pernah ngomong langsung ke gua, melalu perantara hadis,
    "tuntutlah ilmu dari buwaiyan sampai ke liang lahat. kejar lah ilmu sampai ke negeri cina."

    loh kok ga nyambung temen larinya ke ilmu,,,,
    kata erik, banyak teman, banyak pengalaman, kata gw banyak pengalaman banyak ilmu.

    kata guru ngaji gw ilmu itu ga cma di dapetin dari buku, atau dari seorang guru yg menerangkan di depan papan tulis, tapi ilmu jg bisa kita dapetin dari alam, kisah hidup kita, dan dari teman2 kita.
    sooo keep your friends

    BalasHapus
  2. yang bawah bagus...
    paling atasnya fuck fuck fuck bener...

    BalasHapus