Selasa, 03 Mei 2011

Makassar Bukan Cuma Coto dan Sop Konro


Apa yang terbersit dalam benak Anda ketika diajak berbincang tentang santapan di Makassar? Mungkin Anda akan langsung menyebut coto makassar atau sop konro sebagai dua santapan paling populer khas Kota Daeng itu.

Tapi tahukah Anda, Makassar ternyata merupakan surga santapan yang memikat hati dan memanjakan lidah dengan beragam makanan lain yang unik?




1. Nasi Goreng Merah

Hidangan ini punya aroma dan warna yang khas, yang berbeda dengan nasi goreng kebanyakan.Saus tomat membuat warna nasi goreng ini benar-benar merah. Racikan bumbu khusus plus gabungan seafood seperti udang, cumi-cumi, atau kepiting, menambah tarik hidangan ini. Makanan favorit saya.


2. Pisang Epe





















Pisang Epe Pasangan yang pas untuk Nasi Goreng Merah saat disantap di pinggir pantai losari adalah Pisang Epe' yakni pisang kepok kuning yang dibakar dan “dijepit” hingga gepeng/pipih kemudian dilumuri “saus” gula merah campur durian. Tidak hanya durian, tapi juga ada beberapa varian campuran saus lain selain itu seperti keju, strawberry, coklat, dll. Sambil melihat senja di pantai losari, hidangan ini kian menambah nikmat makanan eksotik ini.


3. Sop Saudara


Sop Saudara Seorang kawan pernah bertanya pada saya: “Saudara sendiri kok dibikin jadi sop?” Saya kurang tahu persis asal nama Sop Saudara ini. Sekadar menebak, mungkin sensasi memakan sop ini sarat dengan nuansa kekeluargaan laksana makan bersama saudara sendiri. Terbuat dari bahan dasar daging sapi/kerbau, perkedel, keripik paru, soun serta bumbu-bumbu racikan, sop ini sangat nikmat disantap bersama nasi dan ketupat.


4. Es Pisang Ijo


Es Pisang Ijo, hidangan penutup yang menggiurkan, terbuat dari pisang kepok atau pisang raja yang dibungkus balutan tepung beras berwarna hijau pandan. Ditambah es serut, bubur tepung kental manis dan sirup cocopandan merah, Es Pisang Ijo bisa pula jadi pilihan Anda untuk menghalau dahaga.


5. Jalang Kote


Jalang kote sesungguhnya mirip dengan pastel. Bedanya, ia disantap dengan sambal encer yang dituangkan ke dalamnya. Isinya bukan ragut/vla melainkan potongan daging dan sayuran serta wortel. Jajanan ini cocok menemani Anda menyeruput teh di sore hari. Ini jajanan nostalgia saya.


6. Es Palu Butung


Es Palu butung Makassar yang berudara panas karena terletak di pesisir pantai membuat seseorang menjadi gampang gerah dan haus. Es Pallubutung menjadi pilihan paling pas buat Anda menghilangkan dahaga. Terbuat dari potongan pisang kepok, es serut, bubur tepung beras manis serta sirup pandan merah, Es Pallubutung sungguh tepat dinikmati sebagai hidangan penutup.

( Oleh Amril Taufik Gobel )

0 komentar:

Posting Komentar